Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Kenalan Dengan Profesi Network Engineer

 Sekarang ini, koneksi internet sebagai keperluan khusus banyak beberapa perusahaan. Hasilnya, network engineer ialah karier yang diperlukan.


Hal tersebut dibutuhkan buat menolong memberikan dukungan kelangsungan dan kestabilan koneksi internet itu.


Status ini mempunyai peranan yang sangat luas. Dia bukan hanya bertanggungjawab secara intern seperti mengurus database, tapi juga external di mana mereka harus pastikan jaringan punya konsumen setia.


Tanpa performa mereka, ditanggung kualitas pengalaman pengguna dan semua performa perusahaan tidak capai sasaran yang diharapkan.


Nach, dalam artikel ini kali, Glints akan menerangkan apakah itu network engineer, dimulai dari deskripsi tugas sampai tingkatan profesi yang wajar mereka peroleh.


Yok, baca penjabaran selengkapnya berikut ini!



Profesi Network Engineer

Apa Itu Network Engineer?



Merilis Prospects UK, network engineer ialah sebuah peranan yang bertanggungjawab atas kelangsungan dan kestabilan koneksi internet sebuah organisasi.


Saat lakukan pekerjaannya, mereka perlu menghitung kualitas jaringan lewat hasil sumber data, kejernihan suara, keadaan pemutaran video, dan ada banyak kembali.

Secara umum, mereka bertanggungjawab untuk membikin design dan implikasinya pada beberapa daerah tertentu di mana perusahaan bekerja.

Disamping itu, mereka harus lakukan pantauan dan penataan dengan teratur supaya tidak sedikit ada juga permasalahan berkaitan kualitas database dan jaringan organisasi.


Kehadiran profesi ini sudah dianggap oleh beberapa perusahaan, entahlah itu yang dengan status startup atau telah mapan.

Mereka benar-benar dibutuhkan untuk terjaganya kestabilan jaringan perusahaan dan pengurangan ongkos pemeliharaan external yang relatif mahal.

Deskripsi Tugas Network Engineer

Dengan peranan yang sangat besar, network engineer otomatis jadi sandaran sebuah perusahaan berkaitan beragam kepentingan IT.

Hasilnya, tanggung-jawab yang dipunyai oleh status ini tidak bisa disebutkan enteng dan perusahaan juga seringkali berasa kesusahan untuk mendapati calon yang akurat.

Nach, menurut Robert Half, ada banyak pekerjaan yang nyaris selalu ditangani oleh network engineer. Entahlah ia bekerja secara in-house atau dalam suatu network agen. Berikut paparannya.

1. Membuat desain jaringan

Salah satunya pekerjaan khusus dari network engineer ialah membuat desain jaringan yang lebih dikenali dengan istilah network architecture.

Pada proses ini, mereka bekerja untuk membikin rangka untuk elemen fisik, organisasi, dan komposisi fungsional untuk tiap jaringan yang dipakai.

Untuk tiap network engineer baru, mereka harus membuat rincian terinci berkenaan produk dan service yang dipakai.

Ini dilaksanakan untuk lakukan pencatatan berkenaan tiap jaringan yang dipakai dan kwalitasnya.

2. Memberikan dukungan pemakaian jaringan

Merilis Field Engineer, tiap orang di status ini dituntut untuk mempunyai pengetahuan dasar berkenaan koneksi internet, sampai instal dan komposisi.

Ini tentu saja diperlukan untuk kepentingan pengendalian database dan beragam server punya perusahaan.

Keperluan akan instal dan komposisi ini mencakup router, proxy servers, switches, WAN accelerators, DNS, dan DHCP.

3. Pimpin proses penyediaan logistik

Untuk suatu perusahaan, tekan harga penyediaan logistik jadi satu poin penting. Nach, network engineer juga sebenarnya turut peran dalam mewujudkan hal itu.

Walau dengan status engineer, mereka sering dituntut untuk pimpin proses penyediaan perlengkapan.

Proses penyediaan ini mencakup proses cari kontraktor yang jual perlengkapan jaringan dengan jumlah besar.

Dalam prosesnya, ada tiga hal sebagai pemikiran network engineer, yaitu kualitas perlengkapan, umur maksimal alat, dan ongkos.

Jika ke-3 faktor itu penuhi keperluan usaha, mereka bisa pilihnya sebagai supplier penyuplai perlengkapan khusus punya perusahaan.

4. Membuat jaringan yang efektif dan aman

Salah satunya permasalahan koneksi internet ialah harga dan keamanan.

Nach, menangani masalah itu menjadi satu diantara pekerjaan yang harus dilaksanakan dengan seorang network engineer. Mereka dituntut untuk membuat koneksi internet yang efektif dan aman.

Efektivitas di sini sebetulnya merujuk di harga. Karena, dalam beberapa kasus, internet yang aman mempunyai harga yang mahal, dan sudah pasti ini memperberat.

Untuk menanganinya, mereka dituntut untuk jadi lebih inovatif. Entahlah itu memakai provider dengan harga terjangkau atau membuat system keamanan yang lebih terintegrasi.

Kwalifikasi dan Kemampuan Network Engineer

Secara umum, perusahaan akan mengaryakan network engineer yang mempunyai kwalifikasi berdasar belakang computer.

Tetapi, tidak ada persyaratan khusus berkaitan background pengajaran. Sebagian orang terbaik yang bekerja di status ini berdasar belakang sekolah menengah kejuruan, lho.

Malah, perusahaan lebih cari calon yang kuasai beberapa ketrampilan IT tertentu. Berikut salah satunya sama sesuai diutarakan oleh SDX Central.

1. Beberapa dasar jaringan

Salah satunya ketrampilan yang penting dipunyai seorang network engineer ialah pengetahuan berkenaan beberapa dasar jaringan.

Kekuatan ini dilandasi oleh peranan yang hendak dijalankan. Tanpa kekuatan ini, mereka pasti tidak segera dapat lakukan tugas sebagai tanggung jawabannya.

Kekuatan ini umumnya mencakup pengetahuan dalam berkaitan LAN, WLAN, dan WAN.

2. Ketrampilan analitis

Kekuatan ini jadi dasar seorang network engineer. Karena, tugas ini menuntut mereka untuk sanggup menganalisa beragam tingkat permasalahan IT di perusahaan.

Kekuatan ini dibutuhkan karena mempunyai jalinan kuat dengan beberapa pekerjaan tertentu, seperti pembuatan gagasan penebaran database dan design jaringan.

3. Pembikinan dokumentasi

Dokumentasi jadi hal yang sangat penting untuk peranan ini. Karena, karena ada dokumentasi, diharap jika tiap persoalan IT akan sanggup ditemui oleh perusahaan.

Disamping itu, dengan dokumentasi yang bagus, client mereka dalam segi external atau intern bisa pecahkan permasalahan sendirinya.

Tingkatan Profesi Network Engineer

Dibanding peran-peran lain di dunia tehnik, network engineer memerlukan usaha yang semakin banyak untuk meraih promo.

Untuk capai status manager, umumnya mereka memerlukan waktu tiga sampai 5 tahun.

Kemudian, mereka bisa juga berpindah ke status directorial sesudah habiskan waktu sepanjang lebih kurang dua tahun sebagai manager.

Tersebut banyak hal yang pantas kamu kenali tentang pekerjaan network engineer, dimulai dari tanggung-jawab, kwalifikasi, sampai tingkatan profesinya.


Bagaimana? Apa kamu tertarik sama tugas satu ini? Jika ya, kamu dapat selekasnya datangi Glints dan dapatkan beragam kesempatan profesi network engineer.


Yok, check lowongannya dan daftar sekarang ini. Janganlah sampai ketinggal!