Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Cybersecurity? Yuk, Simak Pembahasannya Disini

 Apa Itu Cybersecurity

Cybersecurity ialah praktek dalam membuat perlindungan mekanisme, jaringan, dan program dari gempuran digital. Gempuran cyber ini umumnya diperuntukkan untuk terhubung, mengganti, atau merusak info sensitif; memerah uang dari pemakai; atau mengusik proses usaha.

Ini hari, mengaplikasikan beberapa langkah cybersecurity yang efisien jadi benar-benar melawan karena ada semakin banyak piranti dibanding manusia, dan striker jadi lebih inovatif.

Cybercriminal umumnya menarget info pengenal individu (PII) konsumen setia seperti nama, alamat, nomor analisis nasional (misalkan, nomor Kartu Pertanda Warga), info kartu credit, dan jual catatan ini di pasar digital bawah tanah. PII yang dikompromikan kerap mengakibatkan lenyapnya keyakinan konsumen setia, denda ketentuan, serta perlakuan hukum.

Komplikasi mekanisme keamanan yang dibuat oleh tehnologi yang lain dan minimnya ketrampilan intern, bisa membesarkan bujet ini. Tapi organisasi dengan taktik cybercriminal yang mendalam, yang ditata oleh praktek terbaik dan secara automatis memakai analitik hebat, kepandaian bikinan (AI), dan machine learning, bisa menantang teror cyber lebih efisien dan kurangi transisi dan imbas saat terjadi pelanggaran.

Domain Pada Cybersecurity

Taktik cybersecurity yang kuat mempunyai susunan pelindungan untuk menantang kejahatan cyber, terhitung gempuran cyber yang berusaha terhubung, mengganti, atau merusak data; memerah uang dari pemakai atau organisasi; atau mempunyai tujuan untuk mengusik operasi usaha. Pengendalian kejahatan cyber harus mencakup ulasan berikut:

1. Keamanan infrastruktur - praktek membuat perlindungan mekanisme computer, jaringan, dan asset yang lain dihandalkan warga untuk keamanan nasional, kesehatan ekonomi, atau keselamatan khalayak.

2. Keamanan jaringan - beberapa langkah keamanan membuat perlindungan jaringan computer dari penyelusup, terhitung jaringan kabel dan nirkabel (Wi-Fi).

3. Keamanan program - proses yang menolong membuat perlindungan program yang bekerja pada tempat dan di cloud. Keamanan harus dibuat ke program pada tahapan design, dengan pemikiran bagaimana data harus diatasi, otentikasi pemakai, dan yang lain.

4. Keamann cloud - terutamanya, komputasi rahasia yang mengenkripsi data cloud saat diam (dalam penyimpanan), bergerak (saat mengarah ke, dari, dan dalam cloud) dan dipakai (sepanjang pemrosesan) untuk memberikan dukungan privacy konsumen setia, syarat usaha, dan kepatuhan pada standard atau ketentuan yang berjalan.

5. Keamanan info - perlakuan pelindungan data, seperti Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 mengenai Info dam Transkasi Electronic (UU ITE) yang atur keamanan data yang paling peka dari akses, paparan atau perampokan secara ilegal.

6. Pembelajaran untuk end-user - membuat kesadaran akan pentingya keamanan cyber di semua departemen dalam organisasi untuk perkuat keamanan keseluruhannya. Misalkan, pemakai bisa dilatih untuk hapus tambahan e-mail yang meresahkan, menghindar pemakaian piranti USB yang tidak dikenali, dan yang lain.

7. Disaster recovery atau rencana keberlangsungan usaha - alat dan proses untuk menyikapi kejadian yang tidak diperkirakan, seperti musibah alam, pemadaman listrik, atau kejadian cybersecurity, dengan masalah minimum pada operasi khusus.

Praktek Terbaik Dan Tehnologi Khusus Dalam Cybersecurity

Praktek dan tehnologi terbaik berikut bisa menolong organisasi Anda mengaplikasikan keamanan cyber yang kuat untuk kurangi liabilitas Anda pada gempuran jagat maya dan membuat perlindungan mekanisme info penting, tanpa mengusik pengalaman pemakai atau konsumen setia:

1. Sistem identity and akses manajemen (IAM) mendeskripsikan peranan dan hak akses untuk tiap pemakai, dan keadaan di mana mereka diberi atau ditampik hak istimewanya. Metodologi IAM meliputi mekanisme masuk tunggal, yang memungkinkannya pemakai untuk masuk ke jaringan sekali tanpa masukkan kembali kredensial sepanjang sesion yang sama; otentikasi multifaktor, memerlukan dua ataupun lebih akses kredensial; account pemakai spesial, yang memberi hak administratif cuma ke pemakai tertentu; dan management pemakai lifecycle, yang mengurus identitas tiap pemakai dan hak akses dari registrasi awalnya sampai pemberhentian.

Alat IAM dapat memberi visibility yang lebih dalam ke professional keamanan cyber Anda ke kegiatan meresahkan di piranti end-user, terhitung titik akhir yang tidak bisa mereka akses secara fisik. Ini menolong percepat penyidikan dan waktu tanggapan untuk menutup dan meredam kerusakan karena tindak pelanggaran.

2. Basis keanan data yang mendalam membuat perlindungan info peka di beberapa lingkungan, terhitung hybrid multicloud environment. Basis keamanan data terbaik memberi visibility automatis secara real-time ke liabilitas data, dan pengawasan terus-menerus yang mengingatkan mereka mengenai liabilitas dan resiko data saat sebelum jadi pelanggaran data; mereka harus juga sederhanakan kepatuhan pada ketentuan privacy data pemerintahan dan industri. Backup dan enkripsi penting juga untuk jaga keamanan data.

3. Security information and moment manajemen (SIEM) kumpulkan dan menganalisa data dari kejadian keamanan untuk secara automatis mengetahui kegiatan pemakai yang meresahkan dan memacu tanggapan penangkalan atau pembaruan.

Jalan keluar SIEM sekarang ini meliputi sistem diagnosis tingkat menengah seperti analitik sikap pemakai dan kepandaian bikinan (AI). SIEM bisa lewat cara automatis mengutamakan tanggapan teror cyber sesuai arah management resiko organisasi Anda. Dan banyak organisasi memadukan alat SIEM mereka dengan basis orkestrasi keamanan, mekanisasi, dan tanggapan (SOAR) yang seterusnya mengotomatisasi dan percepat tanggapan organisasi pada kejadian keamanan cyber, dan menuntaskan banyak kejadian tanpa terlibat manusia.

Kenapa Cybersecurity Itu Penting?

Di dunia yang makin tersambung sekarang ini, semuanya orang pasti mendapatkan faedah dari program pertahanan cyber tingkat menengah. Pada jenjang pribadi, gempuran cybersecurity bisa menyebabkan apa, dimulai dari perampokan identitas, usaha pemerasan, sampai lenyapnya data penting seperti photo keluarga.

Semuanya orang tergantung pada infrastruktur penting seperti pembangkit listrik, rumah sakit, dan perusahaan jasa keuangan. Dengan amankan ini dan organisasi yang lain jadi penting untuk jaga lingkungan warga kita.

Tiap orang mendapatkan faedah dari tugas beberapa periset teror cyber, seperti team yang terbagi dalam 250 periset teror di Talos, yang menyelidik teror dan taktik gempuran cyber yang baru dan sedang berkembang. Mereka mengutarakan liabilitas baru, mendidik khalayak mengenai keutamaan keamanan cyber, dan perkuat alat open-source. Tugas mereka membuat internet jadi lokasi yang aman untuk semuanya orang.