Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-Hari

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-Hari

Sariawan, gusi lebam, berbau mulut, atau gigi berlubang ialah contoh-contoh dari kesehatan gigi dan mulut yang jelek. Kesehatan gigi dan mulut yang jelek bisa memunculkan beragam kompleksitas penyakit mematikan. Lantas bagaimana mempertahankan kesehatan mulut dan gigi secara baik?

Rutinitas setiap hari untuk mempertahankan kesehatan mulut dan gigi

Bakteri pada mulut yang bisa mencelakakan dikenali dengan istilah mikrobiome oral. Bakteri itu hidup di tempat pipi dalam, lidah, langit-langit, amandel, dan gusi. Bila lingkungan mulut terlampau asam, lembap, dan kotor, bakteri pemicu penyakit dapat mengalami perkembangan dengan cepat.

Tidak cuma pda mulut, bakteri bisa masuk ke saluran darah hingga bisa beralih ke jantung, usus, dan otak. Salah satunya bakteri beresiko yang dapat mengakibatkan infeksi di badan ialah Porphyromonas gingivalis (Pg) yang terhitung bakteri pemicu permasalahan gusi.

Sebuah study yang sudah dilakukan oleh Fakultas Kedokteran University of Louisville memperlihatkan jika jumlah Pg dalam otak pasien alzheimer semakin tinggi daripada otak orang yang sehat. Ini memperlihatkan jika mikrobiome oral bisa beralih ke otak dan mengakibatkan infeksi.

Oleh karenanya, Anda harus selalu mempertahankan kesehatan mulut dan gigi lewat rutinitas setiap hari.

1. Tidak boleh sikat gigi terlampau keras

Salah satunya arah sikat gigi ialah hilangkan karies gigi. Tetapi, bila Anda menggosok gigi terlampau keras, gesekannya bisa menyobek gusi dan mengurangi enamel gigi yang relatif tipis. Mengakibatkan, gigi Anda dapat jadi lebih peka.

Disamping itu, langkah sikat gigi yang tidak betul bisa membuat karies gigi justru menimbun dan mengeras yang bisa mengakibatkan gingivitis (infeksi gusi). Menggosok gigi harus dilaksanakan secara halus dengan pergerakan memutar dan memijat gigi dengan durasi waktu sekitaran dua menit.

2. Sikat gigi dengan teratur

Diambil dari Mayo Clinic, American Dental Association mereferensikan untuk teratur menggosok gigi 2x dalam satu hari. Karena menggosok gigi berguna untuk bersihkan tersisa makanan dan karies yang memiliki kandungan bakteri di dalamnya.

Diambil dari The American Dental Association, berikut tehnik menyikat gigi yang benar dan baik.

Upayakan status sikat gigi ada dalam pojok 45 derajat menghadap gusi

Mulai pergerakan sikat gigi di depan dan belakang secara perlahan-lahan

Membersihkan sisi luar, dalam, dan permukaan gigi untuk kunyah

Pakai ujung sikat untuk bersihkan sisi dalam gigi depan

Selainnya menggosok gigi, Anda pun disarankan untuk menyikat lidah untuk melenyapkan kuman atau karies yang melekat pada lidah dan mempertahankan kesehatan gigi mulut secara utuh.

3. Pakai odol berfluorida

Fluorida ialah elemen alami yang bisa Anda dapatkan dalam kandungan odol.

Fluorida diserap badan lalu dipakai oleh beberapa sel yang membuat gigi Anda dalam memperkuat enamel gigi. Fluorida sebagai pertahanan khusus pada kerusakan gigi yang bekerja dengan melawan kuman dan memberi pelindungan alami untuk gigi Anda.

4. Memakai benang gigi

Jika Anda tidak sempat menggosok gigi setelah makan, Anda dapat menahan berlangsungnya sakit gigi dengan memakai benang gigi. Benang gigi sanggup bersihkan partikel dan karies yang ketinggalan dan masih menimbun karena susah dicapai.

5. Memakai obat kumur atau berkumur dengan larutan garam

Selainnya menyingkirkan berbau mulut, obat kumur dapat dihandalkan untuk menahan sakit gigi. Kandungan dalam obat kumur di-claim sanggup mengatur perkembangan bakteri sekalian kurangi karies yang melekat.

Selainnya berkumur dengan obat kumur, Anda bisa juga memakai langkah alami untuk menahan sakit gigi, yakni dengan teratur berkumur memakai air larutan garam. Larutan disinfektan alami pada garam dapat mengobati cedera dan menurunkan sakit kerongkongan.

6. Kunyah permen karet

Kunyah permen karet bebas gula dipercayai bisa tingkatkan air liur dalam rongga mulut. Kenaikan saluran saliva ini menolong dalam menetralisir dan hilangkan asam yang dibuat di saat makanan dirinci oleh bakteri dalam karies gigi.

Saat Anda kunyah permen karet, air liur sanggup menolong dalam kurangi karies, perkuat gigi, dan menahan berlangsungnya gigi berlubang.

7. Tidak boleh merokok

Tembakau bisa mengakibatkan gigi menguning dan bibir menghitam. Merokok dapat tingkatkan resiko Anda terserang penyakit gusi dan kanker mulut. Oleh karenanya, sebaiknya Anda stop merokok untuk mempertahankan kesehatan mulut dan gigi.

8. Minum semakin banyak air

Air sebagai minuman terbaik untuk kesehatan Anda, termasuk untuk kesehatan mulut. Minum air bisa menolong bersihkan efek-efek negatif dari minuman dan makanan yang melekat pada gigi Anda.

9. Awasi mengonsumsi makanan yang manis dan asam

Mengonsumsi makanan manis memang seharusnya tidak terlalu berlebih. Makanan tipe ini akan diganti jadi asam oleh bakteri di mulut yang selanjutnya bisa menggerogoti enamel gigi Anda.

Makanan manis bisa menghasilkan asam yang bisa mengakibatkan gigi Anda cepat berlubang. Untuk mempertahankan kesehatan mulut dan gigi, Anda tak perlu stop keseluruhan konsumsi gula atau makanan manis, cuman awasi jumlah yang dimakannya saja.

10. Konsumsi makanan yang bergizi

Sama seperti sama air, konsumsi makanan yang bergizi bagus untuk kesehatan mulut dan gigi Anda. Makanan bergizi seperti beberapa bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayur, dan produk susu bisa memberi gizi yang Anda perlukan.

Sebuah study mendapati jika omega-3 tipe lemak sehat pada makanan laut bisa kurangi resiko infeksi, hingga bisa turunkan resiko penyakit gusi.

11. Teratur check gigi ke dokter

Langkah menahan sakit gigi yang ini seharusnya Anda kerjakan. Meskipun tiap orang memiliki keadaan mulut dan gigi yang lain, dianjurkan untuk check gigi dengan teratur tiap enam bulan sekali.

Teratur dalam periksakan gigi ke dokter bisa menolong Anda mendapati permasalahan mulut atau gigi saat sebelum telat sekalian mempertahankan kesehatan mulut dan gigi.