Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Skill yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Developer IoT

Skills yang Harus dimiliki Developer IOT

 Dengan semakin banyaknya konsumen yang menginginkan the next big things, maka banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tentu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, perusahaan pun di tuntuh harus memiliki talent-talent dari pengembang perangkat lunak dengan keahliad yang di butuhkan.

Generasi pengembang berikutnya haruslah memiliki keahlian lebih baik dari generasi sekarang. Tak hanya sekedar memahami bahasa pemograman saja, melainkan juga harus bisa memecaahkan masalah yang terjadi secara infuitif dan memiliki tanggung jawab atas pekerjaannya.

Nah, jika kamu mengikuti kursus IoT maka ilmu yang kamu dapatkan tak hanya sebatas IoT atau perangkat lunak saja, melainkan lebih dari itu. Berikut ini adalah ringkasan skill yang harus di miliki oleh developer Iot di masa sekarang ini.

1.Teamwork

Untuk bisa membangun sebuah sistem IoT yang baik maka teamwork atau kerjasama tim sangat di perlukan. Adapun tim tersebut harus terdiri dari mechanical engineer.  front-end developer, back-end developer, embedded systems designer, electrical engineer, industrial engineer dan product manager.

Semakin banyak pengetahuan yang di miliki oleh masing-nasing anggota terkait dengan peranan dari setiap anggila lainnya dan tujuan sistem serta penggunaan akhur dari sistem. Maka akan semakin banyak pula fungsi dari keseluruhan sistem yang di buat bersama tersebut.

2.Keamanan Informasi

IoT sidaj pernah mendapatkan beberapa kali serangan dari para hacker entah itu berupa DDOS atai botnet. Oleh sebab itu, kemanan tak boleh di jadikan sebagai opsi ketika membangun sebuah perangkat IoT, hal itu karena keamanan merupakan hal yang sangat penting. dan harus menjadi prioritas.

Keinginan untuk mengamankan semua informasi berarti pengembang memang sudah terbiasa dengan public key infrastructure (PKI) security, vulnerability assessmen, wireless network security will be key players dan ethical hacking.

3.Business Intelligence

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa seorang pengembang IoT juga harus mengerti soal Business Intelligence? Mungkin hal ini terdengan tidak masuk akal, akan tetapi cobalah untuk mundur selangkan dan lihatlah lebih mendalam terkait dengan cakupan dari IoT. IoT sangat berkaitan dengan kegiatan pengumpulan penyimpanan dan analisa data dari berbagai macam smart device.

Jika kamu tak memahami nilai dari sebuah data, bagaimana kamu dapat memahaminya? Perlu kamu tahu sebuah data dalam jumlah yang besar sangat di butuhkan untuk melakukan analisa prediktif, analisa data sensor dan lain sebagainya. Pemahaman tentang Business Intelligence ini hanya bisa kamu dapatkan jika kamu mengikuti kursus IoT saja.

4.UI/UX Design

Merupakan sebuah pengetahuan dasar di mana konsumen tidak akan membeli produk yang tidak bisa mereka gunakan. Maka dari itu sebuah perangkat IoT harus memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan mudah di pahami oleh para konsumen.

Oleh karena itu, di butuhkan seorang UI/UX Design untuk bisa membuat Responsive Design untuk menciptakan perangkat yang bisa menyesuaikan semua jenis platform entah mobile maupun desktop serta Service Design.

5.Mobile Development

Menguasai hampir 90% pasar, membuat harus adanya pengembang Android dan iOS. Terutama untuk perangkat IoT yang nantinya akan di kelola dengan menggunakan ponsel pintar. Kemampuan yang akan sangat di butuhkan dalam hal ini adalah pembuatan aplikasi yang dapat berkomunikasi dengan perangkat keras serta sensor eksternal.

Semua skill di atas akan sangat sulit kamu dapatkan jika belajar tanpa adanya pembimbing. Maka dari itu sangat di sarakan untuk mengikuti kursus IoT yang kini sudah banyak hadir di Indonesia. Salah satunya adalah IoT Jogja Indobot yang membuka kelas belajar IoT secara mendalam bersama dengan para ahli yang memang sudah berpengalaman di bidang IoT.

Demikianlah pembahasan kami untuk kemampuan atau skill yang harus dimiliki oleh developer IoT di masa sekarang ini. Untuk mengibangi kemajuan teknologi, tentu kamu juga harus mempelajari berbagai hal untuk bisa mengimbangi perkembangan teknologi tersebut.