Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Merawat Laptop dengan Baik Agar Lebih Awet

Cara Merawat Laptop

Cara Merawat Laptop - Banyak orang saat ini lebih memilih untuk membeli laptop daripada komputer. Alasannya selain karena lebih murah, laptop juga lebih praktis sehingga bisa di bawa ke mana saja dan sangat cocok untuk orang-orang dengan produktivitas tinggi. Meskipun lebih murah, namun tetap saja laptop masih menjadi barang elektronik yang punya harga lumayan tinggi.

Tentu karena harganya yang cukup mahal kita sebagai pengguna harus bisa menjaga dan merawatnya dengan baik agar bisa di gunakan untuk jangka waktu yang lama. Seperti kita tau jika barang elektronik mudah rusak jika kurang di rawat atai malah cara merawatnya yang salah. Maka dari itu di artikel ini Visionesia Studio Ingin membagikan tips bagaimana cara merawat laptop dengan baik agar lebih awet.

Cara Merawat Laptop Agar Lebih Awet

Banyak orang yang tak memahami bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar, alhasil bukannya laptop menjadi awet justru malah cepat rusak. Tentu kamu tak mau kan jika laptop yang baru kamu beli tiba-tiba rusak karena cara perawatan yang salah. Maka dari itu kamu perlu membaca tips di bawah ini.

Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur

Salah satu kebiasaan orang ketika menggunakan laptop adalah meletakkannya di atas kasur. Padahal ini sangat tidak di anjurkan dan bisa mengakibatkan risiko overheat jika di lakukan terlalu lama. Tak seperti komputer, laptop tidak memiliki kipas serta saluran udara yang lega sehingga risiko overheat sangat besar terjadi.

Ketika meletakkan laptop di atas kasur justru malah menghambat udara untuk keluar. Alhasil udara pembuangan akan masuk kembali atau sulit keluar sehingga laptop akan mengalami overheat. Jika sudah begini maka komponen yang ada di dalam laptop juga akan ikut mengalami kerusakan.

Jangan Browsing dan Download Sembarangan

Cara merawat laptop dengan baik dan benar adalah dengan tidak browsing dan doownload file sembarangan. Pasalnya ini sangat berisiko untuk mendatangkan virus dan malware ke dalam laptop. Karena internet adalah salah satu media penyebaran virus dan malware yang paling efektif dan mudah untuk di lakukan.

Sehingga kamu harus waspada jika ingin browsing dan membuka situs yang tidak jelas apalagi mendownload file yang tidak jelas asal-usulnya. Ada baiknya kamu menggunakan software antivirus serta internet security untuk melindungi laptop dari serangan virus ketika kamu sedang berselancar di internet.

Jangan Terlalu Lama Bermain Game

Tak seperti komputer yang memang unggul dari segi performa dan daya tahan ketika di gunakan berlama-lama untuk bermain game. Laptop justru di desain untuk mempermudah produktivitas orang yang sibuk bekerja di luar rumah. Sehingga laptop sangat tidak di rekomendasikan untuk di gunakan bermain game berlama-lama.

Pasalnya hal ini akan mengakibatkan overheat jika di gunakan untuk bermain game terlalu lama. Jika hanya untuk bermain game ringan seperti Angry Birds atau Zuma maka ini tidak akan menjadi masalah. Tapi lain halnya jika di gunakan untuk bermain game berat, tentu ini akan memaksa lapatop untuk bekerja lebih keras agar bisa menjalankan game dengan lancar.

Jangan Tutup Laptop Setelah di Matikan

Banyak orang yang setelah mematikan laptop maka langsung menutup layar LCD, alasannya karena terburu-buru. Padahal ini adalah kebiasaan buruk yang bisa berdampak pada keawetan laptop itu sendiri. Seperti yang kita tau jika setelah laptop di gunakan maka permukaan keyboard tentu akan sedikit panas.

Jika kamu langsung menutup layar LCD pada laptop maka itu akan mengakibatkan layar LCD menjadi cepat rusak karena terkena panas dari permukaan keyboard laptop. Dengan tidak langsung menutup layar LCD maka proses pendinginan suhu pada laptop akan jadi jauh lebih cepat.

Bersihkan Laptop dari Debu

Nah ini dia cara merawat laptop dengan baik dan wajib di lakukan secara rutin. Membersihkan permukaan laptop dari debu dan kotoran adalah hal yang sangat penting jika ingin laptop kamu tetap awet. Kamu bisa membersihkan permukaan laptop dengan kain lembut atau tisu.

Sementara itu untuk membersihkan bagian keyboard kamu bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkan sela-sela yang kotor. Jika ada kotoran yang membandel kamu bisa membersihkannya dengan tisu basah atau dengan tisu beralkohol uang banyak di jual di toko. Jika kamu pandai membongkar dan memasang laptop tak ada salahnya juga untuk sekalian membersihkan bagian dalam laptop.

Demikianlah pembahasan kami untuk cara merawat laptop dengan baik dan benar agar bisa di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan menerapkan cara di atas maka di jamin laptop kamu akan lebih awet dan kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk sekedar memperbaiki laptop ke tempat servis.