Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menghemat Baterai HP Android Agar Bisa Bertahan Seharian

Cara Menghemat Baterai HP Android

Cara Menghemat Baterai HP - Salah satu masalah yang kerap kali di alami oleh para pengguna smartphone android adalah baterai yang cepat sekali habis. Secanggih apapun dan sebanyak apapun fitur yang ada di smartphone saat ini, tetap saja masalah baterai boros masih belum ada solusinya. Alhasil banyak produsen smartphone yang menciptakan smartphone yang punya kapasitas baterai super besar untuk mengatasi masalah ini.

Tapi sayangnya semakin besar kapasitas baterai maka semakin lama pula proses pengisian dayanya. Sehingga ini bukan menjadi solusi terbaik. Maka dari itu di artikel ini Visionesia Studio akan akan membagikan tips bagaimana cara menghemaat baterai HP Android agar bisa bertahan seharian tanpa isi ulang daya sama sekali.

Cara Menghemat Baterai HP Android

Meskipun saati ini sudah hadir teknologi Power Bank yang berguna untuk mengisi ulang smartphone di mana dan kapan saja. Namun tetap saja Power Bank juga harus di isi ulang agar bisa di gunakan kembali untuk mengisi daya smartphone. Dengan mengikuti cara menghemat baterai HP android di bawah ini maka di jamin kamu baterai HP kamu bisa bertahan selama seharian dalam penggunaan normal.

Redupkan Layar

Tingkat kecerahan layar sangat mempengaruhi konsumsi daya baterai sehingga leih baik kamu meredupkan layar supaya konsumsi daya bisa jadi lebih hemat. Hal ini di karenakan semakin terang cahaya pada layar maka akan semakin besar pula energi yang harus di gunakan untuk menyalakan layar smartphone tersebut.

Selain itu kamu juga harus mematikan fitur kecerahan otomatis (Auto Brightness). Di mana fitur yang satu ini berguna untuk mengatur tingkat kececerahan sesuai dengan kondisi, tetapi juga bisa meningkatkan kecerahan layar smartphone lebih tinggi dari yang seharusnya. Kamu bisa mengaturnya melalui menu pengaturan di smartphone.

Matikan Fitur GPS

Satu lagi fitur yang sangat berguna di smartphone tetapi malah bisa menguras banyak daya baterai. Ada baiknya kamu mematikan fungsi GPS di smartphone sebagai cara menghemat baterai HP Android. Pasalnya fitur ini cukup banyak menguras daya smartphone apalagi jika di kombinasikan dengan modul lain termasuk Wi-Fi dan Bluetooth untuk mendeteksi lokasi.

Bukan hanya itu saja ada banyak aplikasi yang membutuhkan pelacakan lokasi secara berkala yang tentunya juga bisa membuat konsumsi daya menjadi lebih boros. Maka dari itu kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur GPS jika memang tidak di butuhkan. Kamu bisa mematikan fitur ini langsung dari menu notifikasi yang biasanya dapat di buka dengan cara menggulir layar ke bawah.

Nyalakan Power Saving Mode

Kebanyakan smartphone keluaran terbaru pasti sudah memiliki fitur power saving yang berguna untuk menghemat daya smartphone agar tidak boros. Pada mode ini semua fungsi pada smartphone yang mengonsumsi baterai kamu akan dibatasi, penggunaannya mulai dari tingkat kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi.

Umumnya fitur ini bisa langsung di aktifkan melalui menu notofikasi dengan cara menggulir layar ke bawah. Akan tetapi jika tidak ada, kamu bisa mengaktifkan mode ini melalui menu pengaturan. Caranya dengan masuk ke Pengaturan > Battery > Power Saver kemudian aktifkan fitur tersebut.

Batasi Aplikasi yang Berjalan

Kita semua tau jika smartphone keluaran terbaru kebanyakan memiliki kapasitas RAM yang besar Alhasil ini sering di manfaatkan oleh para penggunanya untuk melakukan multitasking dengan cara menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Padahal hal ini justru malah akan membuat baterai menjadi boros dan cepat habis.

Maka dari itu sebaiknya kamu hanya menjalankan satu aplikasi yang ingin di gunakan. Lalu membatasi semua aplkasi yang berjalan secara otomatis di belakang layar. Kamu bisa mengecek apa saja aplikasi yang banyak mengkonsumsi daya dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Battery > Battery Usage. Di sini kamu bisa melihat semua aplikasi yang boros daya, kamu bisa menonaktifkan aplikasi tersebut untuk menghemat daya smartphone.

Aktifkan Fitur AirPlane

Cara menghemat baterai HP Android yang berikutnya adalah dengan menyalakan fitur airplane. Fitur yang satu ini tidak hanya berguna ketika kamu sedang menaiki pesawat, tetapi juga bisa berfungsi untuk menghemat baterai smartphone kamu. Pasalnya dengan mengaktifkan mode airplane maka semua koneksi akan terputus.

Mulai dari WiFi, Bluetiith, GPS dan data seluler yang tentunya bisa membuat konsumsi daya menjadi lebih boros. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu sedang tidak menggunakan smartphone sama sekali ketika sedang traveling atau sedang berada di tempat yang memang tidak ada koneksi sama sekali.

Nah, demikianlah pembahasan kami mengenai bagaimana cara menghemat baterai HP android dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan sama sekali. Cara di atas sebenarnya juga berlaku untuk kamu pengguna smartphone dari iPhone.